Jurnal Refleksi Mingguan
Pada
setiap akhir minggu, Kepala SMK sebagai peserta pelatihan akan mengunggah
jurnal refleksinya. Tiap peserta perlu merumuskan pelajaran yang telah diambil
oleh dirinya sebagai pribadi maupun pendidik profesional dari materi yang telah
dipelajari dan situasi/keadaan/peristiwa yang telah dihadapi dalam semangat reflektif ke dalam suatu
narasi yang bagian-bagiannya dirangkai dengan memanfaatkan kerangka
refleksi 5M atau 5R (Bain dkk. (2002) dalam Ryan & Ryan (2013)), sebagai
berikut.
Meningkatkan
pembentukan disiplin dan ketahanan fisik dan mental siswa melalui kegiatan Apel
Pagi dan Ketarunaan selain Upacara Bendera untuk disiplin, bertanggung jawab,
Nasionalisme serta saling menghargai terhadap sesama siswa dan menghormati
kepada guru maupun teman.
Mendeskripsikan (Reporting) |
23 Oktober 2023 memasuki Modul 4 : Fase E-K-A
dengan memulai LSM dengan aktivitas : Ø
4.1 Elaborasi Pemahaman dengan memahami
pengantar Elaborasi alat bantu ATAP dan BAGJA untuk merumuskan prakarsa
perubahan aksi nyata dan diskusi melalui LSM tentang rumusan Prakarsa perubahan
“ Meningkatkan pembentukan disiplin dan ketahanan
fisik dan mental siswa melalui kegiatan Apel Pagi dan Ketarunaan
selain Upacara Bendera untuk melatih siswa disiplin, bertanggung jawab,
Nasionalisme serta saling menghargai terhadap sesama siswa dan menghormati
kepada guru maupun teman” Ø
Melakukan tatap muka virtual dengan
fasilitator dengan materi merumuskan Prakarsa perubahan dengan alat bantu
ATAP dan BAGJA Ø
Disesi akhir tatap muka virtual beberapa
peserta menampilkan Rumusan Prakarsa perubahan yang telah disusun untuk mendapatkan
tanggapan dari fisilitotor maupun peserta lain. Ø
Kolaborasi. Hari
berikutnya kami berdiskusi dengan Waka dan perwakilan Guru untuk menysun dan merumuskan
perubahan perubahan yang diinginkan melalui alat bantu ATAP dan BAGJA. Ø
4.2 Koneksi antar materi.
Setelah merumuskan perubahan yang kami inginkan Bersama Waka dan Perwakilan
Guru rumusan tersebut kami Rumuskan Kembali dengan semua guru, staf tata
usaha dan Komite Sekolah dalam rapat. Dan disosialisakian pada siswa. |
Merespon (Responding) |
Selama Menyusun rumusan Prakarsa peruhahan, saya
merasa mendapatkan banyak pengalam dan pemahaman baru, bahwa perubahan tidak
harus secara besar tapi hal kecil sangat berpengaruh pada perubahan yang
besar. |
Mengaitkan (Relating) |
Dengan melalui tahapan BAGJA, saya menjadi mengerti
dan dapat menerapkannya dalam mengelola dan mengoptimalkan asset yang sudah
saya miliki, Hal ini sangat berguna sebagai dasar untuk membuat sebuah
prakarsa perubahan untuk mewujudkan peningkatkan pembentukan disiplin dan
ketahanan fisik dan mental siswa melalui kegiatan Apel Pagi dan
Ketarunaan selain Upacara Bendera untuk melatih siswa disiplin,
bertanggung jawab, Nasionalisme serta saling menghargai terhadap sesama siswa
dan menghormati kepada guru maupun teman” |
Menganalisis (Reasoning) |
Setelah Mempelajari tahapan ATAP dan BAGJA, serta memetakan kekuatan asset dan fungsinya
serta apa yang jadi hambatan atau tantangan, sehingga saya semakin memahami
akan pentingnya pengelola kekuatan positif yang dimilik dengan menggali
sekecil apapun sisi positif dari sebuah aset dan menjadikannya sebagai suatu
prakarsa perubahan dengan menerapan tahapan BAGJA |
Merancang ulang (Reconstructing) |
Rencana tindak lanjut
dari apa yang telah saya dapatkan dan analisis adalah : Ø Saya perlu
mennggali lebih jauh lagi tentang kegiatan kegiatan yang dapat meningkatkan
didiplin dan kegiatan kegiatan yang dapat meningkatkan ketahanan fisik dan mental
siswa. Ø Saya perlu
mengidentifikasi hambatan dan tantangan yang ada dalam melakukan perubahan
dan mencari solusi atau langkah penanggulangan menyelesaikan permasalahan
tersebut dengan berkaloborasi serta mereflisikan diri terhadap tantangan dan
permasalahan tersebut |