In House Training (IHT) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Guru SMK Ma’arif NU Benjeng

 

SMK Ma’arif NU Benjeng - Gresik terus memacu semangat seluruh civitas akademika dengan melakukan peningkatan kemampuan terutama untuk memajukan kualitas pembelajaran. 

Untuk yang kesekian kalinya SMK Ma’arif NU Benjeng – Gresik melaksanakan In House Training (IHT) yang kali ini dititik beratkan pada Assesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN), Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) dan pembuatan perangkat mengajar sekaligus media pembelajaran untuk persiapan Blended Learning pada masa pandemi Covid-19 pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta IHT, dilanjutkan Kepala SMK Ma’arif NU Benjeng, bapak Hamim Thohari, S.P. juga berkesempatan memberikan sambutan sekaligus melaporkan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai. Beliau juga memberikan informasi tentang rencana pembelajaran di semester berikutnya dengan metode blended learning, campuran antara daring (di rumah) dan luring (tatap muka di sekolah bila dimungkinkan), karena pembelajaran tatap muka belum dimungkinkan 100%,  jadi 50% daring dan 50% luring dan tidak boleh ada perbedaan antara keduanya, semua peserta didik baik yang daring maupun yang luring harus memperoleh hak yang sama sambil menunggu informasi dan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gresik.

AKM merupakan perubahan drastis dari Ujian Nasional yang secara resmi telah dihapus. Peserta didik diharapkan akan lebih bisa mandiri, berpikir lebih kritis dengan tidak meninggalkan norma-norma Pancasila.Dalam acara IHT AKM Juga di Hadiri Oleh Ketua BP3MNU Benjeng, Komite, Pengawas Bapak Dr. Alfi Wahyudi, MM sekaligus Sebagai Narasumber. Informasi yang disampaikan di kegiatan ini meliputi:

1.     Jenis AKM yaitu AKM survei Nasional, AKM sertifikasi yang berfungsi sebagai syarat masuk ke perguruan tinggi, dan AKM kelas.

2.     Perbedaan AKM literasi membaca dan numerasi, yaitu pada tahap konsep

3.     Bentuk soal AKM yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian/jawaban singkat, dan esai/uraian

4.     Simulasi menjawab dan penulisan soal AKM oleh seluruh guru mata pelajaran.

Bapak ibu guru peserta IHT sangat antusias mengikuti setiap kegiatan mulai pembukaan hingga hari terakhir IHT. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber yang menandakan besarnya keingintahuan untuk terus maju.

Bapak Kepala SMK Ma’arif NU Benjeng sangat mengapresiasi semangat bapak ibu guru dalam mengikuti seluruh kegiatan IHT. Diharapkan dengan adanya IHT untuk yang kesekian kalinya ini akan semakin meningkatkan penguasaan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran di Sekolah.



 





 SMK MA'ARIF NU BENJENG HEBAT MANFAATI DAN BAROKAHI

Pages