Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Ma'arif NU Benjeng 2023/2024

 

SkaNUb Media

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK) DI SMK MA’ARIF NU BENJENG SMK Ma’arif NU Benjeng Sebagai “SMK Pusat Keunggulan” melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Pelajaran 2023/2024 dengan kolaborasi antara LSP P1 dengan IDUKA PT. Aneka Jasa Teknik Gresik (AJTG), PT. (IMM) Toyota Mojokerto dan UPT. PTKK Surabaya Tav Kreatif.

Uji Kompetensi Keahlian terbagi dalam Tiga Program keahlian, yaitu Teknik Mesin TM), Teknik Otomotuf (TO) dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Pelaksanaan UKK di Uji dari pihak internal sekolah maupun dari pihak Dunia Usaha dan Industri yang telah di tentukan yang proses pelaksanaan UKK sendiri berlangsung di setiap lab/bengkel jurusan masing masing program keahlian.

Kepala SMKS Ma’arif NU Benjeng “Hamim Thohari, S.P” menjelaskan bahwa : “ Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah kegiatan assessment untuk menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh SMK Ma’arif NU Benjeng dalam bentuk ujian praktik untuk menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pererta. UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat uji kompetensi". 

Salah satu penguji Eksternal dari Program Keahlian Teknik Mesin dari PT. Aneka Jasa Teknik Gresik (PT. AJTG) Bapak Uman Mujiono mengapresiasi kesiapan Panitia dan Peserta Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Ma’arif NU Benjeng berjalan dengan Standart yang tinggi ini dibuktikan dengan  penuh semangat oleh Peserta UKK saat Praktik maupun Presentasi hasil produk UKK.

Hal senada juga di Ungkapkan oleh Penguji Eksternal PT. IMM Toyota Mojokerto Bapak Moh. Zainuri “Untuk pelaksanaan UKK SMK Ma’arif NU Benjeng, khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif (TO) sudah sangat baik. Kami dari penguji eksternal juga melihat tingkat keseriusan peserta didik dalam mengerjakan soal UKK sangat serius dan teliti. Kami dari perwakilan PT. IMM Toyota Mojokerto mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah khususnya Kepala SMK Ma’arif NU Benjeng yang telah memercayakan kepada kami untuk bergabung dalam menguji anak-anak kita di proses Uji Keahlian Kompetensi (UKK) tahun 2023/2024.

Di kesempatan lainnya Hervita Puspita Darmayanti dari UPT. PTKK Surabaya selaku penguji Kompetensi DKV menjelaskan bahwa anak anak sudah mahir dalam pelaksanaan UKK termasuk saat presentasi hasil UKK di depan para Penguji Internal dan Eksternal sangat memuaskan. 

Hadir Pula Pengawas Pembina Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Bapak H. Shodiqun, S.Pd saat melakukan Supervisi dan Monitoring Pelakasanaan Uji Kompetensi Keahlian menyempatkan diri untuk komunikasi dan foto Bersama dengan peserta Uji Kompetensi Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif. Beliau menyampaikan ucapan terima Kasih kepada Kepala SMK Ma’arif NU Benjeng dan Segenap Panitia yang telah menyelenggarakan UKK dengan Baik hal ini dibuktikan dengan kelengkapan Administrasi, kesiapan Tempat UKK, adanya Penguji Internal dan Eksternal sekaligus peserta bahwa Pelaksanaan UKK di SMK Ma’arif NU Benjeng Berjalan dengan Baik.

Selaku ketua panitia Witono Wibowo, M.Pd mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak H. Shodiqun, S.Pd dan segenap penguji Internal maupun Ekternal yang telah ikut serta dalam mensukseskan Uji Kompetensi Keahlian di SMK Ma’arif NU Benjeng sebagai Upaya pelayanan yang baik kepada Peserta Uji Kompetensi.


Berikut Galeri Uji Kompetensi Keahlian SMK Ma'arif NU Benjeng Tahun Pelajaran 2023/2024.




Halaman