Modul 1.5.a.1 Mengubah dan menarasikan 6 sajian kalimat rumpang

Modul 1.5.a.1 Mengubah dan menarasikan 6 sajian kalimat rumpang  menjadi sajian lain menjadi rumusan Visi Sekolah yang lebih menarik dan memudahkan orang lain untuk memahami

Refleksi Mandiri 1

Melakukan kolaborasi dengan Waka, Walas Guru dan Karyawan merumuskan :  

1.   Harapan Sekolah terhadap siswa di Masa yang Akan Datang.

2.   Melanjutkan sajian kalimat rumpang, dan

3.   Merumuskan visi sesuai dengan pertanyaan yang kita jawab.










Harapan yang saya membayangkan bahwa semua siswa akan sukses sesuai dengan Impian mereka, Tentu kesuksesan tersebut merupakan hasil kolaborasi dan kerja sama seluruh tenaga Pendidik dan Kependidikan dan warga sekolah, terutama guru yang lebih sering mendampingi mereka.

Selama tiga tahun belajar di SMK bukan waktu yang singkat untuk berproses, tempaan, binaan yang mereka terima sungguh merupakan sebuah  tuntunan yang sangat berarti. Semua kesuksesan diikuti dengan karakter yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki jiwa yang kreatif, inovatif, cerdas, kompetean dan memiliki jiwa Profil Pelajar Pancasila. Tak lupa dukungan dari pihak sekolah berupa fasilitas-fasilitas yang sangat mendukung ketercapaian kesuksesan seluruh siswa.

















Refleksi Mandiri 2

1.    Saya memimpikan siswa yang unggul, kompeten, soleh/solehah, berakhlak mulia, santun kepada orang tua baik di rumah, Masyarakat, maupun di sekolah, berbudi pekerti yang luhur berpikir kritis, semangat dalam belajar, senang dengan tantangan dan perubahan, selalu berinovasi.

2.   Saya percaya bahwa siswa adalah anak-anak yang memiliki karakter dan keunikan masing-masing, memiliki keistimewaan dan bakat yang dapat kita gali seoptimal mungkin sehingga mereka dapat menjadi individu yang tumbuh dan berkemang dengan baik.

3.   Di sekolah, saya mengutamakan Pendidikan karakter

4.   Siswa di sekolah saya sadar betul bahwa mereka berada di sekolah untuk mendapatkan Pendidikan dan pengajaran yang layak, mendapatkan ilmu dan budi pekerti

5.   Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk dapat menuntun dan membimbing siswa agar dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan sesuai dengan potensi yang dimiliki mereka.

6.   Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa setiap anak memiliki bakat dan kemampuan masing-masing yang satu sama lain saling melengkapi. Tugas kita adalah mengoptimalkan bakat dan keistimewaan mereka tersebut dengan cara yang berbeda sesuai dengan apa yang mereka miliki, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang lebih maksimal.


Refleksi mandiri 3

1.   Apa makna pernyataan Visi bagi Bapak/Ibu……

Makna Visi bagi saya adalah awal dari Individu atau Lembaga Pendidikan untuk mencapai tujuan tertentu. Visi akan memberikan arah dan tujuan, yang memotivasi kita untuk menggapai perubahan yang kita rencanakan. 

2.   Apa harapan, cita-cita Bapak/Ibu untuk siswa, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan Bangsa - Negara Indonesia……

Harapan saya adalah agar seluruh siswa yang menjadi didikan para guru menjadi siswa yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, beretika mulia, berakhlak terpuji, kreatif, mandiri, selalu berinovasi, bernalar kritis (memiliki Profil Pelajar Pancasila), sehingga mereka dapat membangun bangsa dan negara dengan lebih baik lagi, penuh dengan hati nurani, dan cinta tanah air.

3.   Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita…..

Bahwa sekolah kita akan mencapai sekolah yang diimpikan dan didambakan, bukan hanya bagi seluruh warga sekolah, lebih jauh untuk seluruh warga masyarakat. Kesatuan visi dan misi untuk dapat menggapai tujuan bersama sangatlah penting, sehingga perlu adanya kesepahaman dan kesepakatan tentang visi dan misi yang dirumuskan. 

4.   Apa yang diharapkan menjadi pembeda antara siswa kita dengan siswa di sekolah lain ……

Diharapkan siswa di sekolah kami unggul, kompeten, memiliki rasa bangga terhadap almamater, menghormati semua guru - gurunya sampai kapanpun, dan memiliki karakter yang baik. Semua sukses dengan apa yang mereka impikan.

5.   Apa kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan siswa dengan Profil Pelajar Pancasila…..

Kontribusi orang dewasa dengan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan siswa dengan Profil Pelajar Pancasila adalah : 

  • Turut serta mendukung dan menyukseskan Proyek Penguatan Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja sebagai upaya jalan menuju tercapainya tujuan tersebut.
  • Melaksanakan aktualisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
  • Turut serta merumuskan rencana kegiatan P5, dan Budaya Kerja, memfasilitasi  semua yang diperlukan guna terealisasinya program tersebut.
  • Kompak dan komunikasi dengan baik sehingga tujuan mewujudkan siswa dengan Profil Pelajar Pancasila dapat terwujud.
  • Memberikan teladan kepada siswa dengan bersikap pribadi yang mencerminkan nilai-nilai yang terdapat di dalam dimensi Profil Pelajar Pancasila.

 6.   Menyusun rumusan VISI dalam kalimat – kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan siswa dan sekolah dalam konteks yang sesuai antara harapan dengan kenyataan 

Visi :

Menjadi Sekolah Kejuruan yang Unggul, menghasilkan Lulusan yang Kompeten, Mandiri, Berbudi Pekerti Luhur, Berwawasan Lingkungan dan mampu memenangkan persaingan di Era Global.


Halaman