KUNJUNGAN INDUSTRI PT. AMERTA INDAH OTSUKA

 

Kunjungan Industri (14/02/2022) PT. Amerta Indah Otsuka

SMK Ma’arif NU Benjeng – SMK Pusat Keunggulan.

Sebanyak 76 Siswa dan Siswi kelas  X SMK- PK SMK Ma’arif NU Benjeng Gresik Jawa Timur telah mengikuti kegiatan kunjungan industri secara virtual di PT. Amerta Indah Otsuka yang berlokasi di  Kejayan Pasuruan Jawa Timur. Kunjungan industri merupakan agenda rutin tahunan yang wajib diikuti oleh Siswa _ Siswi sebelum pelaksanan Praktik Kerja Lapangan (PKL). 

Opening Speech Kepala SMK Ma'arif NU Benjeng
Hamim Thohari, S.P

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia industri secara langsung agar nantinya dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat Siswa – Siswi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini kegiatan kunjungan industri dilakukan secara virtual melalui platform zoom karena adanya pandemi covid-19 yang belum berakhir. Walaupun kegiatan ini dilakukan secara virtual, seluruh siswa tetap bisa berkunjung dan menyerap banyak ilmu dari industri melalui Pemandu Acara, Proses Produksi secara Virtual Oleh Mas Didik dan Nara Sumber Bu Indah. 

Peserta dan Pendamping Kunjungan Industri PT. Amerta Indah Otsuka Via Virtual Zoom

Kegiatan ini selain diikuti oleh 76 Lebih  siswa kelas X dengan didampingi oleh Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Wakil Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Wali Kelas, Guru Pendamping dan Tim Hubungan Kerjasama Industri.

Dalam setiap kunjungan, pihak industri selalu menyajikan materi yang menarik dan plant tour virtual yang membuat kunjungan ini tidak berbeda dengan kunjungan yang dilakukan secara langsung. Setelah pemaparan materi, penayangan video profil perusahaan dan plant tour, peserta diajak untuk melakukan diskusi dan tanya jawab. Seperti yang sudah diperkirakan, antusiasme peserta sangatlah tinggi, hal ini terlihat dari keaktifan peserta dalam mengikuti sesi diskusi dan tanya jawab. Jumlah penanya selalu melebihi kapasitas waktu yang disediakan.

Di akhir kegiatan, Bapak Kepala SMK Ma'arif NU Benjeng menyampaikan pesan dan arahannya. Salah satu pernyataan yang beliau sampaikan adalah, “Pandemi ini mengajarkan kita banyak hal, banyak yang bisa kita keluhkan, tapi bukan berarti kita harus selalu mengeluh, masih banyak nikmat yang bisa kita syukuri dan nikmati dengan kondisi saat ini”. 

Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi dan membantu terlaksananya kegiatan kunjungan industri virtual ini secara baik dan lancar. Semoga kegiatan kunjungan industri virtual ini memberikan banyak manfaat untuk seluruh peserta sebagai bekal untuk prakerin pada khususnya dan kehidupan pada umumnya.  

Walau virtual, namun tetap esensial dan maksimal!















Halaman