5.2.a.2. Jurnal Refleksi Minggu Ke-6 Persiapan Panen Karya Prakarsa Perubahan

 

Pada setiap akhir minggu, Kepala SMK sebagai peserta pelatihan akan mengunggah jurnal refleksinya. Tiap peserta perlu merumuskan pelajaran yang telah diambil oleh dirinya sebagai pribadi maupun pendidik profesional dari materi yang telah dipelajari dan situasi/keadaan/peristiwa yang telah dihadapi dalam semangat reflektif ke dalam suatu narasi yang bagian-bagiannya dirangkai dengan memanfaatkan kerangka refleksi 5M atau 5R (Bain dkk. (2002) dalam Ryan & Ryan (2013)),

Dalam kesempatan ini saya akan merefleksikan kegiatan persiapan panen karya prakarsa perubahan peningkatan disiplin, ketahanan fisik dan mental siswa melalui kegiatan Apel Pagi setiap pagi dan kegiatan ketarunaan siswa sebagai berikut :

Mendeskripsikan (Reporting)

Petunjuk : Menggambarkan secara umum proses belajar, dan/atau upaya penerapan pengetahuan yang telah diperoleh dalam konteks nyata di institusi masing-masing, dengan menceritakan kembali situasi/- keadaan/peristiwa penting atau tantangan konkret yang telah terjadi dalam satu minggu.

Ø  Senin, 30 September 2023, masuk pada laman LMS untuk memahami penjelasan pesiapan panen karya.

Ø  Mematangkan konsep karya perubahan dengan pimpinan sekolah sebelum dipamerkan.

Ø  Bersama sama dengan Waka menyampikan konsep karya perubahan kepada pengurus perguruan dan komite sekolah.

Ø  Berkolaborasi dengan tenaga kependidikan untuk menghimpun dokumen daftar hadir, Berita Araca / Notula dan foto / video hasil kegiatan rapat.

Ø  Berkolaborasi dengan guru TIK untuk pembuatan bahan pesentasi karya perubahan yang akan dipamerkan

Ø  Berkoordinasi dengan Waka dengan menunjuk perwakilan guru dan siswa untuk testimoni karya perubahan

Ø  Mendampingi tim media untuk pengambilan video testimoni guru dan siswa

Ø  Mendampingi tim IT untuk editing Video testimoni guru dan siswa

Merespon (Responding)

Petunjuk : Merespon situasi/keadaan/peristiwa yang telah terjadi secara pribadi. Menyampaikan perasaan yang muncul dominan atau pemikiran yang harusnya dapat diri sendiri lakukan/jalankan.

Kegiatan pembelajaran pada modul ini sangat menarik, karena pada modul ini berlatih dan mempertajam pengetahuan saya tentang rumusan ATAP BAGJA dalam merumusakan perubahan yang diinginkan. Dari rangkaian peristiwa yang terjadi saya merespon bahwa kegiatan ini sangat penting dan sangat bermanfaat bagi guru penggerak, sebagai pemimpin perubahan, sehingga ke depan dapat membuat merumuskan kegiatan perubahan tidak akan asal-asalan.

Mengaitkan (Relating)

Petunjuk : Mengaitkan situasi/keadaan/peristiwa yang telah terjadi dengan materi pelatihan yang telah dipelajari, atau kinerja/kontribusi/- tantangan yang dihadapi diri sendiri sesuai peran/tanggung-jawab atas situasi/keadaan/peristiwa tersebut.

Materi rumusan ATAP BAGJA sangat membantu saya dalam merumuskan dan mengaplikasikan karya perubahan yang ingin kami capai disekolah.

Menganalisis (Reasoning)

Petunjuk : Menganalisis apa saja yang membuat situasi/keadaan/peristiwa tersebut dapat terjadi, dengan mengambil sudut pandang lain atau perspektif lain, misalnya dari teori dan materi di pelatihan maupun selain yang diperoleh dari pelatihan atau situasi/keadaan/peristiwa lain yang serupa, untuk mendukung analisis tersebut.

Dengan mempelajari konsep pendekatan Inquiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA, serta memetakan kekuatan asset dan fungsinya serta apa yang jadi hambatan atau tantangan, sehingga saya semakin memahami akan pentingnya pengelola kekuatan positif yang dimilik dengan menggali sekecil apapun sisi positif dari sebuah aset dan menjadikannya sebagai suatu prakarsa perubahan dengan menerapan tahapan BAGJA

Merancang ulang (Reconstructing

Petunjuk : Menuliskan rencana tindak lanjut (atau rencana alternatif) merespon situasi/keadaan/peristiwa tersebut jika kejadian serupa terjadi lagi di masa mendatang. Bagian ini menguatkan bahwa kita adalah “bagian” dari situasi/keadaan/peristiwa yang telah terjadi, bukan “korban” dari situasi/keadaan/peristiwa tersebut.

Rencana tindak lanjut dari apa yang telah saya dapatkan dan analisis adalah :

Ø  Saya perlu mennggali lebih jauh lagi tentang aset-aset positif yang ada di sekitar saya

Ø  Saya perlu mengidentifikasi hambatan dan tantangan yang ada dalam melakukan perubahan dan mencari solusi atau langkah penanggulangan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan berkaloborasi serta mereflisikan diri terhadap tantangan dan permasalahan tersebut

Ø  Saya juga perlu menata ulang atau memperbaiki prakarsa perubahan dengan berpedoman Tahapan / Alur BAGJA Serta ATAP dan menjalankannya agar kelak bisa mewujudkan profil pelajar Pancasila



Halaman