BP3MNU Benjeng Gelar Upacara Hari Santri Nasional Ke-5

 

Inspektur Upacara H. Muslim
dan Amin Udin Azis, 
S.P Ajudan Inspektur Upacara

Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober.

Penetapan Hari Santri dilakukan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 2015 silam. Pemilihan 22 Oktober lantaran Jokowi memandang pada tanggal tersebut munculnya Resolusi Jihad NU pada 22 Oktober 1945 yang menggerakkan para ulama dan santri melawan penjajahan.

Peringatan Hari Santri yang serentak di peringati oleh seluruh elemen Bangsa setiap tanggal 22 Oktober itu salah satunya adalah di Peringati Oleh Pengurus Perguruan Ma’arif NU Benjeng – Gresik. Dengan melibatkan seluruh Guru dan Karyawan SMP, SMA dan SMK Ma’arif NU Benjeng untuk melaksanakan Upacara Hari Santri Nasional yang ke – 5 di tengah Pandemi Covid 19.

Dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat Segenap Pengurus Perguruan Ma’arif NU Benjeng, Guru dan Karyawan SMP, SMA, SMK Ma’arif NU Benjeng melaksanan Upacara Peringatan Hari Santi dengan Khidmat yang di laksanakan di Halaman Perguruan Ma’arif NU Benjeng.


Bertindak sebagai Petugas dan Pejabat Upacara adalah Gabungan Dewan Guru SMP, SMA dan SMK Ma’arif NU Benjeng. Dalam Amanat Inspektur Upacara (Drs. H. Muslim) menekankan bagaimana kita sebagai generasi penerus bangsa bisa menteladani para Kiai, Ulama’ dan Santri dalam mencetuskan Resolusi Jihat dalam melawan penjajahan.

Dalam kalimat lain beliau juga mengamanahkan kepada seluruh Pendidik dan Kependidikan bahkan Siswa di setiap satuan Pendidikan baik di SMP, SMA dan SMK Ma’arif NU Benjeng untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dengan selalu menerapkan 3 M dalam kehidupan sehari hari yaitu Memakai Masker, Mencuci tangan dan menjaga jarak.

Dalam iringan Gema Nada Ma’arif NU yang terdiri dari Ibu Guru SMP, SMA, SMK Ma’arif NU Benjeng dengan semangat menyanikan Lagu Indonesia Raya, Yalal Wathon dan Masr Ma’arif dengan dirigen Puji Istiani, S.Pd.

Petugas Upacara yang lain Joko Suroyo, S.Pd (Komandan Upacra) Khoirul Bari, S.HI, Moh. Thoriq Assoleh, S.Pd dan Ade Setya Pambudi (Pengibar Bendera), Danik Nur Rahmawati, S.Pd (Protokol Upacara), Tanti Surya Ningrum, S.Pd (Pembaca Teks UUD 1945), Amin Udin Azis, S.P (Ajudan Inspektur Upacara), Witono Wibowo, S.Pd, M.Pd (Pembaca Ikrar Santri), Drs. Mulyono, Syaiful, Haris Sugeng Riyadi, A.Ma, Hadi Purwanto (Pemimpin Pasukan).

Dalam memperingati Hari Santri Nasional yang ke – 5 ini Osis SMK Ma’arif NU Benjeng – Gresik mengadakan kegiatan perlombaan Virtual untuk kalangan Siswa/Pelajar/Santri SMK Ma’arif sendiri dan SMP/MTs di Wilayah Kecamatan Cerme, Benjeng, Balongpanggang dan Mantup.

Kegiatan perlombaan Virtual diantaranya adalah Lomba Baca Puisi “AKU” karya Chairil Anwar, Lomba Sholawat Asyghil dan Lomba Tiktok Edukasi setiap pemenang lomba akan mendapatkan Hadiah uang pembinaan dan Trophy, Info lebih lanjut bisa konformasi dengan Bapak Khoirul Bari, S.HI (0856 0625 9802), Bapak Hadi Purwanto, S.Pd (0823 3310 0122), Bapak Kuswanto, ST (0821 4171 4898).









Halaman